ACARA ADAT,PENYERAHAN UPETI DI SONAF USI LAKE NILULAT

nilulat.desa.id  Sonaf Usi Lake Nilulat,Hari ini Senin,21/10/2019. mengadakan acara adat tahunan yaitu penyerahan Upeti (tama maus),yangt diikuti oleh Tiga suku dalam wilayah kekuasaanya yaitu sa’u Nome,Pala Opat,dan Ninbasnaen.

Raja Usi Lake Sonaf Nilulat, Petrus B Lake,bersama dengan seluruh rumpun Besar keluarga Lake menanti kedatangan para pembawa Upeti dan Menerimanya dengan upacara Adat,yang berlangsung begitu Sakral.

Upacara Ini dilakukan setiap Tahun dan dilangsungkan sebelum memasuki musim hujan ,dengan tujuan,untuk kelancaran sistem bertani mereka.hal ini di kaitkan dengan areal pertanian yang mereka garap/kerjakan.dan itu merupakan tanah dari kekuasaan Usif (Raja)Lake.Maka dengan penyerahan Upeti berupa Hasil Olahan pertanian Lokal.sudah menjadi kewajiban yang menyatu dengan adat tradisi dan Budaya.sehingga apa yang mereka minta dapat dikabulkan misalnya hujan (ul ton) dan hasil panen yang melimpah

Penyerahan Upeti tersebut biasanya di arak dengan Tutur adat,Nyanyian adat,teriakan adat dan Tarian gong.yang menyemarakan upacara rirtual adat tahunan tersebut.ujar Wilfridus Fallo.warga Masyarakat setempat.(dattuz amlupu)

tarian gong menyambut pembawa upeti

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan