RITUAL ADAT TAHUNAN ”(FUA TON)” DI CRUS OELBUBUK

Doa bersama sebelum melakukan ritual adat
crus oelbubuk

nilulat.desa.id  “Fua Ton” berasal dari bahasa dawan yang berarti ”Sembah Berhala”yang dikhususkan kepada Arwah-arwah leluhur dan roh-roh gaib.

Fua Ton adalah sebuah ritual adat (animisme,dinamisme) yang sudah sejak dahulu kala dilakukan oleh nenek moyang suku Timor (Dawan).yang sampai sekarang masih tetap di lakukan dan terbawa hingga ke generasi-generasi sekarang.

Ritual adat ini dilakukan berdasarkan tradisi suku dawan,yang memiliki makna religius ,terkait meminta hujan agar curah hujan berjalan normal,sehingga hasil pertanian penduduk bertumbuh dengan baik hingga musim panen nanti.

Prosesi ritual adat ini dilakukan dengan begitu sakral, yang dimulai dengan doa bersama di sebuah tempat peninggalan sejarah di desa nilulat, yang letaknya tidak jauh dari pemukiman penduduk. (crus Oelbubuk) adalah nama dari tempat itu.

Sebagai pelengkap Upacara adat tersebut,warga Nilulat membawa korban persembahan berupa ayam jantan yang akan di persembahkan untuk roh-roh gaib dan arwah-arwah leluhur.sehingga maksud dan tujuan mereka terkabul.

Ritual adat

Dengan bahasa adat yang di ucapkan oleh  para tua adat ,melambangkan simbol kepercayaan yang di maksud, dan sebagai bukti khas kepercayaan itu, ditandai dengan penyembelian ayam jantan yang di lihat dari tali perut ayam tersebut.dan dari cara seperti itu akan ada makna yang dibacakan lewat alur tali perut ayam tersebut, oleh tua-tua adat sebagai tanda dari pemberian roh gaib dan arwah-arwah leluhur.

pembacaan makna dari tali perut ayam

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*