RUMAH TRADISIONAL (UIM BUBU)

Rumah Bulat (uim Bubu)

”uim bubu” Berasal dari bahasa daerah suku dawan yang berarti Rumah Bulat. merupakan tempat tinggal tradisional masyarakat Nilulat sejak dahulu kala sampai pada saat ini.                                konsep pembangunan rumah ini sangatlah sederhana dan mengunakan konstruksi alamia. dan tidak membutuhkan desigen ahli theknik arsitektur yang dipakai dalam proses pembangunanya.

Rumah ini digunakan untuk menyimpan segala jenis hasil panen yang didapat dari potensi pertanian masyarakat yang ada dengan sistim tradisional pengasapan .dan digunakan juga sebagai tempat berteduh di saat musim dingin karna typologi Desa Nilulat berada di bawah kaki gunung faku-folain dan hawanya sangat dingin ketika memasuki awal bulan Februari sampai April.

Walaupun terlihat unik dan sederhana ,rumah yang terbuat dari rerumputan Alang-alang ini  mempunyai makna dan arti tersendiri bagi setiap pemiliknya.karna simbol kekuatan adat dari leluhur juga ditempatkan di dalam tiang utama rumah ini.Sampai dengan saat ini juga, sebagian Masyarakat memilih untuk tetap tinggal di rumah-rumah tradisional seperti ini.dan ada pula yang menggunakanya sebagai Dapur/tempat untuk memasak.(dattuz)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan