EMBUNG DESA “(NIFUSILU)”

Embung Nifusilu Nilulat

nilulat.desa.id.(17/11/2017).Di lihat dari Aspek Topografi Desa Nilulat,kurang lebih 500m dari pemukiman Penduduk ,terdapat sebuah Embung yang sudah dibangun dari sejak Tahun 1989 – saat ini.  seperti terlihat dalam gambar diatas,meskipun debit airnya sudah berkurang,namun Embung ini merupakan salah satu penyuplai air bersih untuk  membantu mengurangi keterbatasan stok air minum dari sumber-sumber mata air terdekat.karna embung ini memiliki tingkat debit air yang tinggi.dan tidak akan mengering saat musim kemarau.

Adapun beberapa masyarakat memfungsikan embung tersebut untuk mengairi perkebunan sayur  milik mereka. dan kebutuhan minum ternak-ternak sapi yang ada di sekitar Embung .                    Ditemui di pondok alang-alang milik salah seorang petani,yang kebetulan saat itu lagi menyirami tanaman sayur-sayuran,Yohanes.D.S.Fallo,mengatakan bahwa embung ini merupakan salah satu bagian dari hidup kami.karna dengan adanya embung ini,kami merasa sangat terbantu untuk bisa mengembangkan hasil pertanian seperti sayur,dan buah-buahan lainya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan ekonomi kami.

Ia menambahkan juga bahwa, embung tersebut sudah dipakai sejak selesai dikerjakan pada tahun 1989. karna saat itu juga embung itu merupakan salah satu sumber mata air yang tidak pernah kering dan justru debitnya bertambah ketika datangnya musim penghujan.(dattuz)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*