Persiapan Menuju Lomba Desa.

lomba desa

Rabu, 24 Mei 2017, Tim Pembina Lomba Desa Kecamatan Bikomi Nilulat melakukan pembinaan kepada Pemerintah Desa Nilulat dalam rangka persiapan lomba desa tahun 2017 tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara.
Hadir pada acara tersebut :
Sekcam Bikomi Nilulat, Tim Pembina Lomba Desa, Kepala Desa Bersama Staf,Ketua BPD bersama Anggota, Ketua PKK bersama Anggota dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong-royong masyarakat di desa Nilulat perlu dilaksanakan Perlombaan Desa secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

Perlombaan Desa disamping mengevaluasi keberhasilan pembangunan desa, pada hakekatnya adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri yang sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dengan melihat lonjakan perkembangan pembangunan desa selama 2 (dua) tahun terakhir, dari segala aspek kehidupan masyarakat antara lain peningkatan kualitas bidang kehidupan ekonomi, sosial, politik dan budaya masyarakat.
Sasaran Penilaian adalah tingkat keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah bersama masyarakat yang dititikberatkan pada usaha kegotong-royongan dan keswadayaan masyarakat. Penilaian Perlombaan Desa didasarkan atas tingkat perkembangan desa tahun sebelumnya (2015 dan 2016), yang bersumber dari Profil Desa yang terdiri dari 9 Indikator yaitu :
1. Pendidikan
2. Kesehatan Masyarakat
3. Ekonomi Masyarakat
4. Keamanan dan Ketertiban
5. Partisipasi Masyarakat
6. Pemerintah Desa
7. Lembaga Kemasyarakatan
8. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)
Lomba desa tingkat Kabupaten tahun 2017 kali ini yang akan berlangsung pada tanggal 31 Mei 2017 pekan kedepan yang akan di laksanakan di Desa Nilulat, adapun kekurangan yang masih dalam proses persiapan namun Desa Nilulat sudah siap untuk ikut lomba desa.
Sementara Kepala Desa Nilulat, Benediktus Lake mengungkapkan , desa kami ini memang masih baru dan perlu bimbingan dan saran untuk membangun. “Saya pun berharap dengan adanya kegiatan lomba desa ini dapat ilmu dan bisa ada perubahan, terutama untuk semuah perangkat desa dari tingkat RT sampai ke kelembagaan yang ada di desa diantaranya BPD, LPMD,dan yang lainnya karna desa tak mungkin membangun tanpa ada kerja sama dari semua ini,saya berharap dengan ikut melaksanakan lomba desa ada perubahan dari segala sisi terutama keterbukaan dan kekompakan, apa lagi kegiatan gotong royong yang selama ini hampir hilang, mudah-mudahan dengan adanya lomba desa ini dapat menghidupkan lagi ke gotong royongan, karna untuk membangun sebuah desa yang lebih maju dan berkompeten harus ada kerja sama dan sama-sama kerja,” ucapnya. By.AL

About hendra 10 Articles
Staf Desa Pantai Bahagia, Kec. Muaragembong, Kab. Bekasi

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan