Sirih Pinang Ragam Komoditi Unggulan Desa Nilulat

Desa Nilulat, 6/12/2016 – Nyirih Sirih Pinang adalah Kebudayaan dan Tradisi suku Dawan yang sudah di wariskan oleh leluhur dan sampai saat ini masyarakat masih tetap melestarikannya.

Khususnya di Desa Nilulat Pohon Sirih Pinang tersebut banyak di jumpai disetiap sudut kampung, dan merupakan potensi unggulan di desa ini.

Menurut, Benediktus Lake, Kepala Desa Nilulat mengatakan, komoditas sirih pinang memang menjadi istimewa disini, selain untuk konsumsi sendiri warga, sebagian juga menanam pohon sirih pinang sebagai komoditi yang laris untuk di jual.

img_1620
                                                                             Buah Sirih Pinang

” kami di sini memang sudah tradisi mengkonsumsi sirih pinang, selain itu juga saya melihat peluang yang cukup bangus untuk di jual ke pasar, mengingat kebutuhan sirih pinang, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT) begitu besar,” ungkap Lelaki tinggi tegap.

Warga Desa Nilulat biasanya memasarkan sirih pinang tersebut ke pusat kabupaten maupun luar kabupaten, dengan harga RP. 1.000.000 per kantung plastik atau sekitar 8 – 10 kg.

Seperti yang diungkapkan, Yohanes Nino (47) salah satu warga, mengatakan, bahwa dirinya telah berhasil menambah penghasilan ekonominya dengan menjual sirih pinang.

“secara ekonomi bertambah, dengan penjualan sirih pinang, karna saya punya beberapa pohon yang saya tanam,” ujarnya.

Yohanes berharap, kedepan, warga bisa menanam pohon sirih pinang di wilayahnya, agar penjualan sirih pinang tidak jauh ke luar kabupaten,.

” semoga pemerintah desa kedepannya dapat mengelola potensi unggulan ini dengan wadah Badan usaha milik Desa, jadi kita tidak perlu jauh-jauh menjualnya. (A/D)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan